Jumat, 30 April 2010

Onion Ring

Kalau ke kafe atau kedai kopi yang punya menu side dishes, onion ring adalah salah satu favorit cemilan saya. Dan saya rasa harganya antara tidak murah tetapi juga tidak mahal. Kemarin karena penasaran jadinya saya mencoba untuk membuat resep onion ring sendiri.




Sebetulnya bahannya cukup sederhana untuk sekali santap:
  • 1 bawang bombay yang cukup besar
  • terigu secukupnya
  • telur

Cara membuat:

  • Bawang bombay dipotong setebal 1 cm (atau sesuai selera) dan pisahkan masing-masing irisan berbentuk cincin. Taruh dalam 1 tempat.
  • Lalu bawang dilumuri dengan tepung. Tips dari saya biar lumuran tepung mantabh saya pakai tempat plastik seperti dibawah ini lalu bawang dikocok bersama tepung didalamnya.
  • Setelah dikeluarkan lumuri dengan telor yang sudah dikocok tadi sebagai pengikat tepung dan lumuri dengan tepung sekali lagi biar lebih maknyuss.
  • Setelah itu goreng dengan minyak yang panas sampai warnanya kuning.

Proses memasak yang paling ribet adalah sewaktu melumuri bawang bombay dengan tepung. Saya pakai pencapit biasanya untuk memudahkan mengangkat bawang terutama setelah dilumuri telur.

Sebetulnya cukup enak sih dimakan dengan cocolan sambal saja tetapi kalau mau versi bumbu dan saus yang lebih lengkap.

Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar